Kamis, 02 Agustus 2012

Five for fighting to Bali – Gili Trawangan

Setelah bersepakat dengan berbagai pertimbangan akhirnya perjalanan backpacker ala pekerja tambang ke Bali dan Lombok bisa terjadi. Satu almamater di Teknik Pertambangan Unhas dan sekarang menjadi professional mine engineer di perusahaan tambang. 
Talent :
Wahyuddin Darusman ; Mineplan engineer PT JResources Gold Mining, Manado . Peserta paling semangat karena pertama kali ke Bali dan Lombok dan ide ini tercetus dari dia ,tidak pandai berenang tapi salut berani snorkeling sepanjang 3 gili dengan menggunakan pelampung.
Hendra Iriansyah V ; Bos nya Integra Mining, tugas utama menyetir
mobil sepanjang perjalanan di Bali. Hobby tidur selama perjalanan ini, paling banyak curhat tentang pekerjaan dan kehidupan pribadinya.
Ardin Akbar Mine Engineer Thiess Contractor Indonesia, paling malas kalau disuruh mandi dan bangun pagi, efek bekerja dikontraktor tambang ketika cuti sangat ingin menikmati hidup,Navigator dengan Iphone nya, tukang jepret selama perjalanan ini.
Akbar Hasbi, Consultan Nickel company, paling cool, urusan uang selama perjalanan ini dipegang olehnya. Day one ; Here we come … akhirnya sampai di bandara Ngurah Rai Bali
Gaya perjalanan sebagai backpacker dimulai, tujuan awal adalah mencari penginapan di Jalan Poppies Lane II, tempat terkenal dimana komunitas backpacker menginap. Selain memang tujuannya menekan biaya perjalanan serendah-rendahnya juga ada pertimbangan kenapa harus tinggal di hotel mewah nan mahal karena sebagian besar waktu kita ada di luar hotel (jalan-jalan ).
Hotel yang dipilih adalah Dua Dara, Poppies Lane II. Selain bersih hotelnya juga memiliki kolam renang dan jarak yang sangat dekat dengan pantai Kuta dapat ditempuh dengan berjalan kaki.


Hari pertama dihabiskan di sepanjang Pantai Kuta melihat kehidupan malam dan berfoto dibeberapa spot-spot menarik , kemudian kembali ke hotel untuk persiapan perjalanan menikmati bali di hari Kedua

Day Two :  Mencari rental kendaraan untuk menghemat biaya perjalanan, terdapat penyewaan motor di sepanjang Jalan Legian pas di Monumen Bom Bali I, ke hilir ke Arah Seminyak atau ke hulu ke arah Kartika Plaza. Sepanjang jalan ini banyak sekali motor yang diparkir untuk disewakan . Harga berkisar antara 30-40 ribu untuk motor Supra fit, Nouvo, Mio , dan 60 ribu untuk Tiger. Waktu sewa adalah 1 hari dari jam 7 pagi s.d 8 malam, tetapi kalau kita sewa 2-3 hari bisa lebih murah & motor dikembalikan pada malam hari waktu sewa terakhir. Penyewa hanya meninggalkan KTP sebagai agunan rental. Kita akan diberikan 1 lembar kwitansi bukti pembayaran dan 1 kartu pengganti STNK, Polda Bali mengeluarkan kartu khusus pengganti STNK asli untuk motor sewaan Tetapi karena kita berlima maka pilihan terbaik adalah sewa mobil, dengan tarif 150 rb (Katana) & 200 rb untuk Kijang/Taruna/Panther. Bila anda membutuhkan sopir bisa tambah Rp. 100 ribu jadi anda tidak perlu report karena sopir ini juga bisa sebagai guide. Biasanya kita ditawarkan untuk membayar asuransi 80 ribu tetapi ini tidak jadi keharusan. Tarif di atas fixed dan tidak jauh berbeda dari rental satu ke rental lain. Tapi tidak salah bila harus bertanya ke 2-3 rental sebagai bahan perbandingan. Rental mobil dapat ditemukan di loket-loket parawisata di sepanjang jalan legian, pantai kuta dan poppies lane. Untuk semua informasi Tur & Rental mobil juga dapat ditanyakan di hotel dimana anda menginap. Setelah mendapatkan mobil sewa dengan harga 200 ribu tujuan pertama adalah menuju kearah timur laut Bali kekawasan Kintamani, dari Tampak Siring terus menuju ke Utara ke arah Singaraja anda akan melewati Kintamani sebuah dataran tinggi dengan pemandangan yang indah Gunung Batur yang masih aktif di sebelah kiri dan Danau Batur di sebelah kanan, Istana Tampak Siring, Kintamani salah satu objek wisata di bali, yang memiliki udara pegunungan yang sejuk dengan panorama Gunung dan Danau Batur yang indah. Yang paling favorit di sini adalah desa Penelokan kecamatan Kintamani, desa ini terletak di tepi Gunung Batur adalah tempat yang paling indah untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan danaunya.

Di sini terdapat Gunung berapi kecil, gunung ini masih aktif sampai letusan yang besar terjadi pada tahun 1917, dimana letusan tersebut telah mengambil ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan rumah penduduk Desa Batur Tua yang berada di dasar kaldera Batur. Penduduk yang masih tersisa mengungsi ke Desa Batur, pura Ulun Danu yang berada di lembah ginung Batur, juga pindah ke Desa Batur yang sekarang, tapi sampai sekarang pura Ulun Danu batur yang ada di penolokan masih menjadi pusat kegiatan pemujaan penduduk setempat dan Bali. Menempati bagian tengah pegunungan dan dataran tinggi pulau Bali, suhu udara di daerah Kintamani, Bangli ini cukup sejuk bahkan sangat dingin di malam hari untuk wilayah Kintamani. Pada musim-musim tertentu biasanya musim penghujan, akan disertai turunnya kabut. Kintamani terletak di kabupaten Bangli. Bangliletaknya di tengah-tengah pulau Bali, salah satu kabupaten di Bali yang tidak punya pesisir pantai, , berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, menyebakan wilayah ini sangat sejuk, tumbuh-tumbuhan, tumbuh subur di sana.
Pesona alamnya yang indah yaitu pemandangan Danau Batur yang merupakan danau terbesar di Bali dan Gunung Batur salah satu Gunung berapi yang masih aktif, yang berdiri di tengah-tengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali. Jarak yang ditempuh ke kawasan ini kira-kira 2 jam perjalanan dari Denpasar atau Karangasem ataupun Lovina. J Tujuan berikutnya adalah Istana Tampak Siring , Istana ini dibangun setelah Indonesia merdeka, yang terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Istana ini berdiri atas prakarsa Presiden Soekarno yang menginginkan adanya tempat peristirahatan yang hawanya sejuk jauh dari keramaian kota, cocok bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga maupun bagi tamu-tamu negara.
Setelah itu mencari oleh-oleh di Pasar Sukowati, Obyek wisata pasar Seni Sukawati merupakan sebuah pasar yang sangat terkenal di Bali karena menjual pakaian-pakaian dan barang-barang seni khas Bali dengan harga murah. Barang-barang yang di tawarkan di pasar sukawati spt; baju kemeja, T-shirt, sarong pantai yang disablon dengan ukiran atau gambaran seni dari Bali, patung-patung, lukisan, tas, dompet, payung, sandal, lukisan dan barang kerajinan tangan lainnya. Sangat pas sekali bagi yang mau membeli oleh-oleh chiri khas produsi Bali. Ditempat ini kita menghabiskan waktu yang cukup lama, dan Pak Wahyu mendapat bintang berkat belanjaannya yang sangat banyak.
Perjalanan dilanjutkan untuk mencari makan siang, mengingat kita semua muslim jadi prioritas utama adalah mencari makanan halal dan pilihan dijatuhkan di KPC Kuta berikutnya adalah Joger, pabrik kata-kata. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. T-shirt yang diproduksi Joger memang berisi kata-kata yang lucu, “nyeleneh”, nakal dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya. Kini tiap musim liburan atau tidak, toko T-shirt yang satu ini selalu ramai dan bikin macet kawasan jalan Raya Kuta, belakang Supernova. Letaknya itu sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta, cuma kadang-kadang masalahnya parkir mobil yang susah, apalagi kalau musim liburan.
Pada malam hari menghabiskan waktu dengan menyantap Pizza di Pantai Kuta banyak sekali restoran tetapi kebanyakan menawarkan menu barat (Burger, Spagheti, grill dsb) tapi ada juga restorant yang menawarkan menu Indonesia seperti di Restoran Indonesia dan Restoran Padang di Jalan Ronta. Mc Donnald ada 3 yaitu di Jalan Legian, Kuta Square samping Matahari, dan Jalan Pantai Kuta pas menghadap ke Pantai Kuta tempat yang pas buat nongkrong.

Hari ketiga menuju kearah barat daya dan selatan bali ; tujuan pertama adalah Garuda Wisnu Kencana. Garuda Wisnu Kencana yang artinya "burung Garuda Kendaraan Dewa Wisnu", merupakan salah satu obyek wisata di bali, yang terletak diatas dataraan tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata dipesisir selatan Bali, dan berjarak 25 km dari Denpasar / 15 km dari Bandara, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memiliki latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan.
Dengan luas 250 hektar akan merangkum semua kegiatan budaya Bali di sini. pengunjung GW K akan menyaksikan kemegahan monumental dan kekhusukan spiritual yang mana kesemuanya disempurnakan dengan sentuhan modern dengan fasilitas dan pelayanan yang tepat guna. Amphitheatre dengan kapasitas 800 tempat duduk dan tatanan acoustic kelas satu, merupakan tempat yang tak tertandingi untuk pagelaran seni budaya.

Rencana selanjutnya menuju ke Pantai Dreamland kemudian sempat tersesat dan mengalami insiden kecil dengan pengendara motor sehingga meninggalkan beberapa goresan kecil di mobil .Pantai Dreamland, sebuah pantai yang lebih eksotik dan tersembunyi dengan pasir putih dan ombak yang bagus untuk surfing. Objek wisata pantai Dreamland berada di daerah bernama Pecatu. Masih di selatan pulau Bali, Jimbaran dekat dengan GWK ini memang memiliki keindahan yang menyamai KUTA dan malah lebih unik dari kuta, banyak yang bilang The next Kuta beach, tempatnya jauh lebih indah dan lebih sepi pengunjung.
Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dan dikelilingi batu karang yang besar di sekitar pantainya. Pantai berpasir putih ini, terletak di bawah tebing yang terjal dengan pemandangannya yang begitu memukau. Biasanya bule-bule pada lebih berani disini dengan berbikini lebih terbuka, setelah sempat tersesat kemudian mendapatkan jalan masuk ke pantai ini, setiap orang akan dikenakan charge 100 ribu , dengan budget backpacker kita urungkan niat dan hanya menikmati pemandangan Pantai Dreamland dari atas tebing, betul-betul pulau mimpi..
Ke arah Tenggara menuju objek wisata Tanjung Benoa terletak di ujung selatan – timur (tenggara) pulau Bali, persisnya di sebelah utara kawasan NusaDua, berjarak 20 menit dari Bandara Udara Ngurah Rai. Lokasinya yang berada di ujung sempit membuatnya disebut tanjung.
Objek wisata pantai di kawasan ini sangat tenang berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu, kondisi airnya yang tenang dan jernih, sehingga membuat Tanjung benoa menjadi tempat yang sangat cocok untuk kegiatan watersport atau olahraga air.
Tanjung Benoa Bali, sebuah objek wisata air / watersport di Bali seperti Jetsky, Banana Boat, Parasailing, Paragliding, Scuba Diving, Snorkeling, Canoeing, Flying Fish, Glassbottom, dan Pulau Penyu (Turtle Island) Kegiatan wisata biasanya dimulai di pagi hari sekitar jam 8 sampai dengan jam 12-an, karena setelah itu air akan surut dan Anda tidak bisa menikmati permainan - permainan lagi karena boatnya tidak bisa digunakan. Dengan instruktur-instruktur yang handal, akan memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan Anda saat menikmati permainan di sini. Dengan pertimbangan waktu yang sempit untuk menuju tanah lot kita tidak melakukan kegiatan disini dan hanya sempat melihat beberapa orang bule menikmati olahraga air disepanjang Tanjung Benoa.
Perjalanan menuju tanah lot lumayan jauh dari Tanjung Benoa, akhirnya kita sampai di kompleks Objek wisata tanah lot. Tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, ditempuh sekitar 45 menit dari kawasan Kuta. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu, apabila air pasang pura ini akan kelihatan dikelilingi air laut dan satunya lagi, tepatnya di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak menjorok ke laut dan di atas tebing. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura di tengah pantai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), biasanya para tamu akan datang pada sore hari untuk melihat melihat keindahan matahari tenggelam. Di tempat ini, dari tempat parkir sampai ke tempat objek wisata/ pura, banyak terdapat art shop yang menawarkan produk kerajinan lokal, banyak kedai miniman dan makanan, juga ada fasilitas kamar kecil / toilet, yang ongkos sewanya tidak seberapa.
Sunset Tanah Lot
Menurut Legenda Pura Tanah Lot didirikan oleh didirikan oleh sorang Brahmana dari Jawa yang bernama Danghyang Nirartha yang menganut ajaran Hindu, dan beliau berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat untuk tentang ajaran Agama Hindu dan Sad Kahyangan. Bendesa Beraban merasa tersaingi banyak pengikutnya meninggalkannya dan menjadi pengikut Danghyang Nirarta. Kemudian Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi tapi sebelum meninggalkan Tanah Lot, dengan segala kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban merasa takjub dan kemudian menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Karena kita terlambat sampai ke Tanah lot kita hanya menikmati sisa sisa sunset dan area ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Berakhirlah petualangan di Bali, perjalanan pulang ke Hotel kemudian check out dan pindah ke hotel yang lebih murah. Pagi harinya kita menuju bandara International Lombok, sampai jumpa Bali dengan segala keindahanmu dan tak pernah bosan untuk melihatnya, semoga bisa kembali untuk ketiga kalinya dengan orang yang kita cintai, berdua dan special.

Tips mengunjungi Bali : 

  1. Siapkan peta dan waktu 2-3 hari untuk bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di Bali.Pulau Bali walaupun kelihatannya kecil di peta, kenyataannya lumayan luas. Kita tidak bisa mengitari Bali dalam satu hari. 
  2. Pilihlah destinasi wisata sesuai keinginan anda. Perhatikan lokasi dan waktu yang diperlukan. (bisa dilihat dibrosur-brosur tour di Bali).
  3. Buatlah jadwal tempat- tempat yang akan dikunjungi dan detailnya sehingga mendisiplinkan kita setiap mengunjungi suatu tempat.
  4. Untuk perjalanan rombongan, dapat diatur tanggungjawab masing-masing sehingga memudahkan perjalanan. 
  5. Untuk tour, lebih baik kita menyewa mobil plus drivernya yg sudah pengalaman handle tour. Lebih nyaman dan praktis. Public transportation di Bali sangat minim dan trayeknya-pun terbatas (palingan cuman taxi, itupun hanya available di Denpasar, Kuta atau Nusa Dua saja). 
  6. Berangkat pada pagi hari untuk bisa efektif. 
  7. Berpakaian yang santai saja, kaos oblong dengan celana pendek. Pakai sepatu boleh, tapi mendingan pake sandal ajah biar nyaman. 
  8. Bawa uang cash untuk beli tiket masuk (entrance fee bervariasi disetiap obyek wisata). 
  9. Beberapa obyek wisata Pura mewajibkan pengunjung memakai kain untuk masuk sebagai bentuk respektasi terhadap kebudayaan lokal. Jangan khawatir pihak pengelola obyek wisata sudah menyediakan kain secara gratis di loket tiket. 
  10. Siapkan kamera untuk mengabadikan setiap moment lengkap dengan battery cadangan . 
  11. Jangan malu bertanya, orang Bali sangat ramah dan dengan senang hati akan membantu anda jika tersesat, perhatikan plang-plang di sepanjang perjalanan.

2 komentar:

  1. bagus banget, sedih mengingat saya pnh tinggal selama 6 thn d bali dan penuh memori indah tp tak sempat diabadikan dgn bagus seperti ini

    BalasHapus
  2. keren banget kanda tulisannya, semoga angkatan2 berikutnya bisa seperti ini, bertemu kembali setelah sukses :')

    BalasHapus